Kamis, 08 Maret 2012

TOUR DE CILACAP


PANTAI TELUK PENYU CILACAP

Menikmati deburan ombak pantai selatan, tidak hanya dapat kita nikmati di Pangandaran namun  beberapa kilometer kearah timur tepatnya sebelah selatan kota Cilacap terdapat pantai yang penuh dengan pesona indah dengan infrastruktur yang memadai. Ada apa aja sih di Pantai Teluk Penyu???

Menikmati makanan laut di pinggir pantai dengan suasana yang romantis dengan harga yang relatif terjangkau bagi siapapun yang berkunjung ke sini. Tapi saran saya, variasi makanan di Rumah makan Lesehan 70 sudah sangat memadai dan rasanyapun ma’nyuus!!! Enak tenaan. Restoran Lesehan 70 yang pemiliknya Bapak Koni/Ibu Sariwen tersebut tepat berada di tepi pantai teluk penyu.

 

Pantai Teluk Penyu merupakan salah satu objek wisata alam yang terkenal di Cilacap, Jawa Tengah. Pantai ini terletak di pesisir selatan Pulau Jawa dan berhadapan langsung dengan Samudera Hindia. Namanya cukup unik, mengambil nama hewan penyu. Diberi nama Teluk Penyu karena konon pantai ini merupakan lokasi berkembang biak para penyu. Namun, saat ini sudah tidak banyak penyu yang berada di lokasi ini. 


Benteng Pendem Cilacap (Belanda: Kustbatterij op de Landtong te Cilacap), dibangun 1861, adalah benteng peninggalan Belanda di pesisir pantai Teluk Penyu kabupaten Cilacap, Jawa Tengah. Bangunan ini merupakan bekas markas pertahanan tentara Hindia Belanda yang dibangun di area seluas 6,5 hektar secara bertahap selama 18 tahun, dari tahun 1861 hingga 1879. Benteng pendem sempat tertutup tanah pesisir pantai dan tidak terurus. Benteng ini kemudian ditemukan dan mulai digali pemerintah Cilacap tahun 1986. Benteng Pendem dahulunya merupakan markas pertahanan tentara Belanda di Cilacap, Jawa Tengah yang didesain oleh arsitek Belanda. Benteng ini difungsikan untuk menahan serangan yang datang dari arah laut bersama dengan Benteng Karang Bolong, Benteng Klingker, dan Benteng Cepiring.














Pantai Permisan juga terdapat di Pulau Nusakambangan tepatnya disebelah selatan LP Permisan. Pantai ini masih sangat alami belum banyak tercemari oleh manusia. Dengan pemandangan yang sangat menakjubkan  Terletak diujung paling barat Pulau Nusakambangan yang berjarak 35 km dari dermaga Sodong. Untuk menuju pantai ini melalui alur selat Nusakambangan – Segara Anakan melewati Desa Klaces Kecamatan Kampung Laut. Sepanjang perjalanan melewati 4 LP yang masih berfungsi yaitu LP Batu, Besi, Kembang Kuning dan Permisan serta melewati Kecamatan Kampung Laut yang berada di Klaces dengan pemandangan hutan mangrove di kiri kanan alur sungai dan pemandangan pegunungan serta selat Indralaya.
Spot mancingpun banyak, dengan menyewa kapal nelayan sebesar Rp 250.000,- kita sudah dapat menjelajah spot-spot disekitar Nusakambangan, asyik dech!!!. Tapi bila keuangan tidak memadai mancing di Pemecah ombak aja tidak kalah seru. Wassalam!!!!!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar