Sabtu, 21 April 2012

MIE HITAM


MIE  HITAM  KAYA  ANTIOKSIDAN


Antioksidan didefinisikan sebagai senyawa yang dapat menunda, memperlambat, dan mencegah proses oksidasi lipid. Dalam arti khusus, antioksidan adalah zat yang dapat menunda atau mencegah terjadinya reaksi antioksidasi radikal bebas dalam oksidasi lipid. Sebagai molekul tidak stabil, radikal bebas selalu berusaha “menyerobot” elektron molekul lain di dalam tubuh untuk membuatnya stabil kembali. Hal ini dapat menghancurkan bangunan dan struktur sel-sel tubuh serta mengubah ukuran dan bentuk mereka. proses perusakan sel ini seperti perkaratan besi oleh oksigen yang menghancurkan bentuknya. Kerusakan sel-sel tersebut pada akhirnya menimbulkan dampak merugikan bagi kesehatan. Radikal bebas yang berlebihan dapat memicu dan emperparah penyakit jantung, penyakit infeksi, tumor dan kanker, penyakit mata (seperti katarak dan glukoma), penyakit kulit (seperti alergi dan dermatitis), dan lainnya serta mempercepat proses penuaan. Mengkonsumsi lebih banyak antioksidan membantu tubuh untuk menetralisir radikal bebas berbahaya. Antioksidan berperan menetralisir radikal bebas dengan “menyumbangkan” elektron sehingga membuatnya stabil

Salah satu tanaman yang kaya akan senyawa antioksidan adalah tanaman cincau hitam (Mesona palustris BL), tanaman ini  mengandung senyawa bioaktif komponen fenol, tannin, dan steroid. Komponen aktif polifenol yang terdapat pada cincau hitam dipercaya mampu mencegah kerusakan DNA pada limfosit manusia, demikian pula bahwa ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang kuat akibat adanya senyawa-senyawa fenol. Pada konsentrasi yang sama, yaitu 50 mg/ml, diketahui bahwa ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang lebih kuat dibandingkan alfatokoferol (vitamin E), yaitu masing-masing sebesar 98,9 persen dan 78 persen. Selama ini kita telah mengenal vitamin E sebagai antioksidan yang cukup ampuh., ternyata ekstrak cincau hitam memiliki aktivitas antioksidan yang jauh lebih kuat dari vitamin E.
Mengingat kandungan yang dimiliki oleh tanaman cincao hitam tersebut, maka tanaman ini sangat menjanjikan dan dapat digunakan sebagai bahan pengaya (fortified) pada bahan pangan lain sehingga diversifikasi dari tanaman ini lebih beragam. Seperti sebagai bahan campuran pada pembuatan mie, sehingga mie yang ditambah dengan cincao hitam ini, selain memberikan warna khas kehitam-hitaman, kaya akan senyawa antioksidan, juga sangat menyehatkan.

CARA MEMBUAT MIE HITAM
Bahan Mie Hitam :
·           30 ml filtrat hasil ekstraksi tanaman janggelan kering. :
·           “Proses ekstraksi dilakukan dengan cara merebus tanaman janggelan kering selama beberapa jam hingga diperoleh cairan yang berwarna coklat kehitaman. Setelah didinginkan, ekstrak disaring dengan menggunakan kain saring”
·           250 gram tepung terigu protein tinggi
·           75 gram tepung sagu
·           2 butir telur
·           1 sendok teh garam
·           Bahan taburan (ayak) :
·           50 gram tepung terigu protein tinggi
·           1 sendok makan tepung sagu

Cara membuat Mie Hitam :
·         Aduk semua bahan sampai bergumpal. Diamkan selama 15 menit.
·         Giling tebal di gilingan mie berulang-ulang sampai semua bahan tercampur merata
·         Giling tipis ketebalan no. 9 (paling tebal no. 1).
·         Potong dengan pemotong mi yang lebar. Tabur dengan bahan taburan.
·         Didihkan 1.000 ml air dan 1 sendok teh minyak goreng. Masukkan mie. Rebus sampai matang
·         Angkat mie dari rebusan dan kering anginkan sampai suhu kamar
·         Mie siap digunakan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar